Selamat Datang di blog ROTIKAN Bakery | Dapatkan Info Seputar Roti dan Kue | Peluang Usaha Roti Rumahan | Info Seputar Alat, Perlengkapan, Bahan Roti dan Kue | Aneka Jajanan Tradisional | Aneka Camilan Kriuk | PESAN SNACK BOX DEPOK | PAKET SNACK BOX MURAH DEPOK | PUSAT CAMILAN DEPOK | Call/SMS 085 727 594 483. WA : 08888 4070 83

Sabtu, 12 Maret 2016

Usaha Roti Manis, Jual Laris Manis (1)



Pagi bunda cantik..

Hari ini saya mau coba share sedikit tentang resep roti manis buatan sendiri, yang kadang bagi sebagian buntik menganggap bikin roti itu ribet, lama, susah dll.

Ceritanya lebih dari dua tahun yang lalu, saya punya oven tangkring yg "nangkring" beserta 4 loyang ukuran kecil, di pojok dapur. Hadiah dari ibu saya dikampung. Memang waktu itu di saya belum begitu "ngeh" bikin roti (red home made bakery). Lebih senang bikin kue-kue yang di kukus atau di goreng.

Jangankan mindahin oven yang nangkring, megang atau bersihin kotoran debu aja males. Memang sih, keliatannya ribet banget kalo alat yg satu ini di pindah-pindahin. Ukurannya ndak besak juga ndak kecil, tapi udah makan tempat deh pokoknya, bisa kebayang kan?

Nah, setaun berjalan. Suami iseng-iseng bilang ke saya. "Mi, nyobain bikin roti pisang yuk? Trus di jual. Yakin pasti laku deh".
" Bi, koyok e ribet. blom nanti nyari pisang, belanja bahan, trus yang nguleni siapa?"
"Wes to, kalo mau, nanti abi seng bantuin nguleni deh, tp syaratnya bikin roti pisang lho ya. Besok tak brosing-brosing cara nguleni yang benar :) di internet. Sekalian umi tanya resep ke mbak fat, ya?"

Oh iya, mbak adalah kakak saya yg jg bikin roti pisang di rumah, dan alhamdulillah udah lumayan terkenal di Nanggulan, Salatiga dgn merk "Amanah". Tapi udah ada tenaga dan alat (oven + mixer).

Dengan bekal niat bismilah dan yakin, sorenya kami belanja bahan-bahan yang di butuhkan. Resep jg sdh ditangan, suami sudah cari panduan cara membuat roti di internet.

Seperti biasa, saya dan suami kalo pas ada sesuatu hal yg baru, pasti suka rebutan. Terutama pada waktu menakar bahan roti, atau mencampurkan bahan roti, bisa jd debat kecil yang seru. Ya namanya pengalaman pertama usaha roti.

Oke bahan sudah di campur semua, dengan ukuran resep adonan roti 1 kilo. Saatnya " nguleni". Karna kemaren kesepakatan suami yg sanggup, ya udah monggo saya serahkan ke suami. hehehe. Dijamin gembrobyos :))

Adonan roti harus kalis dan elastis. Itu patokan nguleni roti. Maklum karena masih manual tangan, tanda-tanda kalis dan elastis cukup di kira kira saja.
Habis itu, didiamkan 10-15 menit.
Cukup kaget jg waktu pas didiamkan mengembang, bisa "mlendung gedi" kayak gitu ya :) hahaha
Dengan sigap suami langsung memotong dengan ukuran 40gram, dari 1 kilo adonan bisa menjadi 25 roti pisang. Lumayan.

Sambil bolak-balik lihat panduan video cara membuat roti di youtube, cara memotong adonan roti sampai cara mencetak adonan roti. Akhirnya roti pisang sudah terbentuk. Saatnya mengoven roti.

Karna cuma ada 4 loyang, jadi masing-masing loyang di isi 6 roti, yg sebelumnya sdh di diamkan mengembang lagi sekitar 10mnt.
Oven tangkring pun sdh di siapkan diatas kompor gas dengan panas yang cukup.
2 loyang dimasukkan ke dalam oven, dengan perkiraan waktu 7 menit. Walhasil, setelah diangkat dikeluarin dari oven, langsung ludes habis di serbu ketiga anak saya. Dan kata mereka enak, "kataku ini roti di jual lima ribu aja mi?" si rozan nyeletuk sendiri sambil ambil roti yang ketiga kalinya :)
"Oke, berarti kamu udah limabelas ribu yaaa...?" di sahut abinya hahaha...

Dan sore itu menjadi pengalaman berharga dan yang pasti ini menjadi cikal bakal usaha kami :)

(bersambung ke bagian 2...udah dl ya bun cerita bagian 1 nya, tunggu cerita selanjutnya yg lebih seru...ada cara menghitung harga roti, cara memasarkan roti, dll).

1 komentar: